Pages

Saturday, October 12, 2013

Resensi #9 MESTAKUNG, Rahasia Sukses Meraih Impian





Judul Buku | MESTAKUNG, Rahasia Sukses Meraih Impian
Pengarang | Prof Yohanes Surya, Ph. D.
Tahun Terbit | September 2011
Tebal Buku | 204 Halaman
Penerbit | Kaifa 



Resensi marathon kedua yang alasannya bukan karena mati lampu. Tapi karena tidak mau melewatkan euphoria Timnas kita yang keluar sebagai juara dengan mengalahkan Korea Selatan. Selamat yaa..

MESTAKUNG men! Semesta mendukung, dengan Izin Allah. Bahwa Allah sesuai dengan prasangka hamba-hambaNya. Karenanya konsep MESTAKUNG ini penting. Bahkan terkonsep sangat jelas dalam hukum Fisika. Disebutkan suatu kondisi titik kritis dapat mengatur semesta untuk mewujudkan sesuatu.

Gampangnya. Lu kepepet, lu tetap yakin dan nggak nyerah, maka lu akan mendapatkan bantuan dari arah yang tidak terduga. Semesta secara nggak langsung akan membantu lu menemukan jawaban dari usaha yang udah lakuin dengan mati-matian.

Dalam konsep Fisika dijelaskan. Kondisi air mendidih di suhu 100 drajat celcius, air masih belum menunjukkan perubahan apapun, tetapi ketika suhu air mencapai 34 drajat celcius. Terjadilah keanehan. Air membentuk kondisi kritis, yaitu memiliki 2 wujud cair dan gas secara bersamaan. Pada kondisi ini, ketika suhu air dinaikkan sedikit saja, terjadilah proses pengaturan diri dalam molekul-molekul tersebut. Seluruh molekul air mengatur drnya secara serentak mengubah wujud air menjadi uap air (hal 24-25)

Prof Yohanes Surya Ph.D rupaya memegang teguh prinsip tersebut. Buku ini menceritakan tentang perjuangan beliau membawa para ksatria olimpiade Fisika untuk bertanding, mempersiapkan diri mereka dengan sebaik mungkin, sampai akhirnya beliau bisa membawa nama harum Indonesia di dunia sebagai juara. Terakhir, usaha beliau merambah semakin pesat, bahkan sekarang berwujud menjadi sebuah bangunan Surya Institut.

Salah satu guru yang saya sangat respek dengannya, ya Bapak ini. Seorang guru yang tidak hanya mendidik maupun mengajar, namun juga bersedia ‘memutar otak’ demi kesuksesan anak didiknya. *angkat topi

Awalnya saya mengira perjalanan pak Yohanes sangat mulus, mengingat betapa brilian dan kreatifnya beliau terhadap Fisika. Namun ternyata tidak jauh berbeda dengan orang hebat lainnya, mengawalinya dari nol dan tertatih-tatih.

Jujur saya terharu membaca buku ini. Katakanlah ini subjektif, karena memang saya orang Fisika. Bagimana Fisika bisa menuntun banyak orang dan seluruh semesta untuk terus memperjuangkannya, sesulit apapun itu. Bagaimana seseorang menjadikan Fisika sebagai harapan tumpuan masa depannya.

Termasuk tentang keberadaan ‘orang-orang’ yang masih peduli dengan pendidikan di Indonesia aka Pak Yohanes dkk,  sukses bikin mrembes dan terasa menghangatkan hati.

Satu-satunya kekurangan buku ini, cerita yang disajikan kurang panjang. Saya masih ingin mengatahui tentang perjuangan pak Yohanes ke depannya. Saya pikir Bapak mampu menularkan semangat Fisika kepada semua orang, terutama yang sudah terlanjur menganggap Fisika sebagai monster. 

Saya tunggu buku-buku Bapak yang Fisika banget, namun menginspirasi. Mari bermimpi dan bermestakung, jangan lupa disertai dengan harapan dan keyakinan yang kuat pada kekuasaan Allah. Karena dialah, semesta bisa dengan mudah akan mendukung mimpi-mimpimu. :)


No comments:

Post a Comment


Jangan sungkan-sungkan meninggalkan tapak tilas.hehe

Popular Posts